Thursday 18 May 2017

Sejarah Kerajaan Demak

Hello Niver...😁
Wah, lagi dapat tugas dari guru ya ?
Oke, mungkin untuk yang mau cari tugas atau mau buat baca baca boleh nih untuk nambah pengetahuan😀

Kali ini, memen akan membahas BAGAIMANA BERDIRINYA KERAJAAN DEMAK





Diawali dengan Pengenalan ya😁



Raden Patah ( Pendiri Kerajaan Demak )
Pertama, diawali dari siapa pendiri Kerajaan Demak ? Pendiri dari Kerajaan Demak yakni Raden Patah, sekaligus menjadi raja pertama Demak pada tahun 1500-1518 M. Raden Patah merupakan putra dari Brawijaya V dan Putri Champa dari Tiongkok. 

Selanjutnya, Bagaimana sih, Kerajaan Demak itu berdiri ? oke kita bahas ya niver

Awal berdirinya Kerajaan Demak

Awalnya berdiri kerajaan demak, Raden Patah secara diam-diam pergi ke Jawa yang tepatnya di Surabaya dan berguru kepada Sunan Ampel. Kemudian Sunan Ampel memerintahkan kepada Raden Patah supaya pindah ke Jawa tengah untuk membuka hutan Glagah Wangi atau Bintara lalu mendirikan pesantren. Tidak lama kemudian, ternyata banyak yang menjadi santri di pesantren tersebut dan pada akhirnya, Demak berkembang pesat. Raden Patah dikukuhkan menjadi Adipati Demak oleh ayahnya, Brawijaya V dan mengganti nama Demak menjadi Bintara yang akhirnya disebut Demak Bintara.

Suatu ketika, Majapahit sedang mengalami kelemahan dengan adanya pemberontakan dan perebutan kekuasaan antar keluarga kerajaan. Melihat situasi tersebut, Raden Patah justru memanfaatkannya untuk melepaskan diri dari Kerajaan Majapahit. Dibantu para Bupati, Raden Patah akhirnya menyerang Majapahit pada pemerintahan Brawijaya VI. Kemudian berdirilah Kerajaan Demak sebagai kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa dibawah kepemimpinan Raden Patah sebagai raja pertama.

Baiklah Niver, kita lanjutkan kapan kerajaan demak mengalami masa kejayaan dan pada pemerintahan siapa ?😕

Kejayaan Kerajaan Demak

Demak mengalami masa kejayaan pada pemerintahan Sultan Trenggono (1521-1526), yakni raja ketiga setelah Pati Unus. Sultan Trenggono merupakan anak dari Raden Patah yang tidak lain adik Pati Unus. Pada masa pemerintahannya, Demak menguasai Sunda Kelapa dari Pajajaran serta menghalau para tentara Portugis yang mendarat disana (1527), Tuban (1527), Surabaya dan Pasuruan (1527), Madiun (1529), Malang (1545), dan dan Blambangan, kerajaan Hindu terakhir di ujung timur pulau Jawa (1527, 1546). Kemudian pada tahun 1546 Sultan Trenggono meninggal dalam sebuah pertempuran menaklukkan Pasuruan.

Siapa saja yang pernah menjadi raja pada kerajaan demak ?😕

Raja pada kerajaan demak


Berikut adalah raja yang pernah memimpin kerajaan demak, antara lain :

1. Raden Patah ( dari tahun 1478 - 1518 M )
2. Pati Unus (dari tahun 1518 - 1521 M)
3. Sultan Trenggono ( dari tahun 1521 - 1526 M )
Jadi Niver, dimana ada masa kejayaan, suatu saat suatu kerajaan akan mengalami keruntuhan, jadi bagaimana runtuhnya kerajaan demak ? kuy kita bahas.😊

Runtuhnya Kerajaan Demak


Karena wafatnya Sultan Trenggono menimbulkan konflik perebutan kekuasaan antar saudara. Adapun Pengganti Sultan Trenggono, Pangeran Sido Lapen yang merupakan saudara Sultan Trenggono dibunuh oleh Pangeran Prawoto yang tidak lain adalah anak dari Sultan Trenggono. Kemudian anak dari Pangeran Sido Lapen, Arya Penangsang membunuh Pangeran Prawoto dan mengambil alih kekuasaan. Tidak hanya berhenti disitu, Arya Panangsang akhirnya dibunuh oleh anak angkat Joko Tingkir, yaitu Sutawijaya. Pada akhirnya, tahun 1568 M tahta Kerajaan Demak jatuh ditangan Joko Tingkir. Kemudian ibukota Demak dipindah ke Pajang.

Kemudian, Kerajaan Pajang adalah satu kerajaan yang berpusat di Jawa Tengah sebagai kelanjutan Kerajaan Demak. Kompleks keratonnya pada zaman ini tinggal tersisa berupa batas-batas fondasinya saja yang berada di perbatasan Kelurahan Pajang - Kota Surakarta dan Desa Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.

Jadi, setelah runtuhnya kerajaan demak, apa saja peninggalan dari kerajaan demak ? 😕

Peninggalan Kerajaan Demak


MESJID AGUNG DEMAK


Makam Sunan Kalijaga


Pintu Bledeg yang dibuat oleh Ki Ageng Selo


Bedug dan Kentongan karya Wali Songo


Soko Tatal dan Soko Guru (Tiang Masjid Agung Demak)
Piring Campa dari Putri Campa (Ibu Raden Patah)
Akhirnya selesai juga dibahas😂
Nah, Sekian dari memen. Kalau ada yang kurang mohon dimaafkan😆
Terima kasih😊

Ayoo,, Jangan Diam Saja
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

Ditulis Oleh : Imam Faried

Terimakasih atas kunjungan Anda Karena telah membaca artikel Sejarah Kerajaan Demak. Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Semoga Sejarah Kerajaan Demak ini memang bermanfaat bagi anda. Jika ingin Meng-Copy Artikel Sejarah Kerajaan Demak Jangan lupa untuk cantumkan Sumber Link website ini ya. Terima Kasih, Happy Blogging :)
Show Comments: OR

2 comments:

Hallo Pengunjung ^^
Komentar anda sangat dibutuhkan, karena akan membuat kami lebih bersemangat untuk membagikan ilmu ^^
Jadi, jangan ragu untuk berkomentar ^^
Emoticon sudah disediakan untuk pengunjung yang bisa memberikan penilaian terhadap postingan ini ^^

Terima kasih ^^